ANDA PENGUNJUNG KE :

Jumat, 05 Agustus 2011

hati - hati Makan Sosis Juga Bisa Berbahaya


Sosis digemari semua usia, karena rasanya yang enak sosis juga mudah diolah. Digoreng, dipanggang, isian hot dog atau sandwich tambahan campuran nasi goreng, mi goreng, dan aneka masakan lain. Tapi pernahkah Anda bayangkan efek kesehatannya? Berdasarkan penelitian sosis dinilai dapat merugikan kesehatan.
Beberapa studi baru-baru ini menyebutkan bahwa kelebihan mengkonsumsi sosis dapat meningkatkan risiko terkananya penyakit kanker usus. Dalam temuan yang dilakukan Penelitian Dunia menyatakan 50 gram sosis yang dimakan setiap hari dapat meningkatkan 20 persen kemungkinan terkenanya kanker usus, pasalnya di dalam daging sosis terkandung kolesterol dan sodium yang tinggi.
Tak hanya itu saja, di dalam sosis juga terkandung bahan pengawet, dari bahan pengawet inilah kemungkinan daging sosis bertahan hingga berhari-hari. Bahan berbahaya lain yaitu Mononatrium atau MOnosadium Glutamat (MSG). Zat itulah yang membuat sosis terasa lezat sehingga membutuhkan bumbu tambahan apapun.
MSG seperti diketahui memang kurang menguntungkan bagi kesehatan, batas normal konsumsi sebenarnya tidak boleh melebihi 6 mg per hari karena bisa menimbulkan risiko terkenanya penyakit jantung dan stroke.
Dengan penemuan inilah, para peneliti menghimbau pada seluruh produsen sosis agar lebih memperhatikan bahaya konsumsi sosis, dengan mencantumkan label peringatan untuk membantu konsumen memahami risiko gangguan terhadap kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar