ANDA PENGUNJUNG KE :

Jumat, 05 Agustus 2011

Manfaat Dari 1 Butir Telur


Telur ternyata tak nikmat untuk disantap, tapi juga berkontribusi positif bagi kesehatan tubuh. Semua orang tahu telur merupakan pemasok sumber protein yang baik untuk tubuh, namun tak banyak yang tahu ada banyak ragam manfaat dalam sebutir telur.
Sebuah penelitian baru mengemukakan fakta dari satu butir telur. Secara umum memang telur dikenal sebagai sumber protein, lipid, vitamin dan mineral, tapi pada perkembangannya para peneliti di University of Alberta menemukan dalam sebutir telur terkandung antioksidan yang ampuh mencegah penyakit jantung dan kanker.
Jianping Wu, Andreas Schieber dan mahasiswa pascasarjana Chamila Nimalaratne dan Daise Lopes-Lutz dari UA Departemen Pertanian dan Ilmu Pangan Gizi mencoba memeriksa kuning telur yang dihasilkan ayam yang diberikan diet khas terutama gandum atau jagung. Dari sana, mereka menemukan bahwa kuning telur berisi asam amino, triptofan, dan tirosin yang memiliki sifat antioksidan tinggi.

Setelah menganalisis sifat tersebut, para peneliti menemukan bahwa dua kuning telur dalam keadaan mentah memiliki sifat antioksidan di mana jumlahnya lebih dari dua kali apel dan hampir sama dengan setengah porsi (25 gram) dari buah cranberi. Namun ketika telur tersebut digoreng atau direbus, sifat antioksidan berkurang sekitar setengahnya dan lebih sedikit berkurang jika dimasak dalam microwave.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar